Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siapa yang berjasa hingga terciptanya Wi-Fi?

Minggu, 23 Juni 2024 | Juni 23, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-23T08:02:14Z


Razanews, Jakarta,- Dia adalah wanita cantik di dunia seni hiburan perfilman 
Namanya Hedwig Eva Maria Kiesler, lebih dikenal sebagai Hedy Lamarr.
Dia adalah orang Wina keturunan Yahudi yang bersemangat tentang teknologi dan dengan panggilan untuk teater dan bioskop. 
Ketika ia berumur 12 tahun, ia memenangkan kontes kecantikan di Wina ,  maka tak heran jika dia disebut wanita paling cantik di dunia kala itu. 

Menjadi bintang Hollywood , si berambut cokelat yang dibintangi bersama Spencer Tracy atau Clark Gable juga seorang insinyur komunikasi yang luar biasa yang mampu menciptakan dan mematenkan sistem kontrol jarak jauh rudal.

Awalnya sederhana saja, George Antheil tetangganya yang komponis bereksperimen dengan pengendalian instumen musik secara otomatis. Lamarr memperkenalkan idenya ke Antheil dan bersama-sama mengirimkan ide sistem komunikasi rahasia tersebut pada bulan Juni 1941 . 

Penemuan dari spektrum sebar pindah frekuensi atau frequency-hopping spread spectrum dipatenkan pada tahun 1942. Tapi Departemen Pertahanan AS awalnya menolak dan tidak  menerima teknologi sampai tahun 1960-an, selama krisis rudal Kuba.

1962 idenya mulai diterapkan pada kapal militer AS, lalu 1997 baru diketahui publik dan dibeli perusahaan swasta nirkabel untuk dikembangkan. 
Penemuan cerdik Hedy Lamarr telah menjadi landasan bagi  teknologi komunikasi spektrum sebar masa kini, seperti Bluetooth, COFDM yang dipakai oleh koneksi jaringan Wi-Fi, dan CDMA pada telepon nirkabel.

Setelah ia meninggal, namanya masuk ke dalam daftar penemu berpengaruh yang dianugerahi oleh National Inventors Hall of Fame. 

Jadi jika kita saat ini dapat menghubungkan nirkabel ke ponsel, PC dan tablet ke jaringan hari ini, kita memakai ide si cantik Hedy Lamarr .
(Rz ajh)
×
Berita Terbaru Update