Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ignacy J. Paderewski

Senin, 01 Juli 2024 | Juli 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-02T04:56:19Z


Razanews, Jakarta,- Pada tahun 1892, di Universitas Standford, seorang mahasiswa berjuang untuk membayar biaya kuliah. Dia seorang yatim piatu, dan tidak tahu ke mana harus mencari uang, dia punya ide. Bersama seorang teman ia memutuskan untuk mengadakan konser musik di kampus untuk menggalang dana untuk biaya pendidikan mereka.

Mereka mendatangi pianis hebat Ignacy J. Paderewski. Manajernya menuntut biaya $2000 untuk resital piano. Kesepakatan tercapai dan mereka mulai bekerja untuk membuat konser sukses.

Hari besar tiba. Tapi sayangnya, mereka tidak berhasil menjual tiket yang diharapkan. Total terjual hanya $ 1600. Kecewa, mereka pergi ke Paderewski dan menjelaskan masalah mereka. Mereka memberinya $ 1600 seluruhnya, ditambah cek senilai $400. Mereka berjanji ceknya bisa diuangkan secepat mungkin.

"Tidak," kata Paderewski. "Saya tidak dapat menerimanya." Dia merobek cek, mengembalikan $ 1600 dan memberi tahu kedua anak laki-laki itu: "Inilah $ 1600." Silahkan dikurangi biaya apa pun yang telah kalian keluarkan. Simpan uang yang dibutuhkan untuk biaya kuliah". Anak-anak itu terkejut, dan berterima kasih banyak kepadanya. Itu adalah tindakan kecil kebaikan. Tapi itu jelas menandai Paderewski sebagai orang yang hebat.

Mengapa dia harus membantu dua orang yang bahkan tidak dia kenal?...Kita semua menemukan situasi seperti ini dalam hidup. Dan kebanyakan dari kita hanya berpikir "Jika saya membantu mereka, apa yang akan terjadi padaku?..."tapi orang-orang yang hebat berpikir, "Jika saya tidak membantu mereka, apa yang akan terjadi pada mereka?" Mereka tidak melakukannya mengharapkan sesuatu sebagai imbalan. Mereka melakukannya karena mereka merasa itu hal yang benar untuk dilakukan.

Paderewski kemudian menjadi Perdana Menteri Polandia dan ketika Perang Dunia pecah, Polandia jatuh. Ada lebih dari 1,5 juta orang kelaparan di negaranya, dan tidak ada uang untuk memberi penduduk makan.
Paderewski tidak tahu ke mana harus meminta bantuan.

Dia menghubungi kementrian terkait guna minta bantuan ke AS. Dia mendengar ada seorang pria bernama Herbert Hoover yang kemudian menjadi Presiden AS. Hoover setuju untuk membantu dan dengan cepat mengirimkan bantuan makanan untuk memberi makan orang-orang Polandia yang kelaparan. Sebuah bencana bisa dihindari.
Paderewski merasa lega.

Dia memutuskan untuk pergi ke AS untuk bertemu Hoover dan berterima kasih secara pribadi kepadanya. Ketika Paderewski mulai berterima kasih kepada Hoover atas bantuannya tersebut, Hoover dengan cepat mengatakan, "Anda seharusnya tidak berterima kasih kepada saya Pak Perdana Menteri. Anda mungkin tidak ingat ini, tetapi beberapa tahun yang lalu, Anda membantu dua mahasiswa muda saat kuliah. Aku salah satu dari mereka. "

Dunia adalah tempat yang indah. Apa yang terjadi akan datang. Tolong bantu orang lain dengan kemampuan terbaik Anda. Dalam jangka panjang Anda mungkin akan membantu diri sendiri. Tuhan tidak pernah melupakan siapa pun yang menanam benih yang baik pada orang lain, tidak pernah.

Tidak ada di alam yang hidup untuk dirinya sendiri. Sungai tidak meminum air mereka sendiri. Pohon tidak memakan buahnya sendiri. Matahari tidak memberikan panas untuk dirinya sendiri. Bunga tidak menyebarkan aroma untuk diri mereka sendiri. Hidup untuk orang lain adalah aturan alam. Dan di situlah letak rahasia kehidupan.(rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update