Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

NENEK MOYANG SURINAME ADA YANG DARI BEKASI (1897)

Rabu, 16 Oktober 2024 | Oktober 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-10-17T03:48:39Z


Razanews, Jakarta,- Suriname merupakan sebuah negara yang berada di benua Amerika, yang dibagian selatannya berbatasan dengan Brasil. Pada masa kolonial, Suriname bersama Hindia Belanda merupakan daerah jajahan Belanda. Keduanya merupakan daerah yang dimanfaatkan dalam hasil perkebunan bagi kepentingan ekonomi Belanda. Perbedaannya adalah pada jumlah masyarakatnya. Di Suriname, masyarakatnya sangat sedikit sedangkan kebutuhan tenaga kerja untuk perkebunan dan pengolahan pada pabrik sangat besar sedangkan di Indonesia jumlah kebutuhan tenaga kerja untuk perkebunan masih bisa diatasi dengan daerah lain yang masih dalam wilayah Hindia Belanda.

Untuk menyiasati kelangkaan tenaga kerja di Suriname, mereka mengirimkan sejumlah budak dari berbagai negara. Namun setelah perbudakan dihapuskan pada 1863, membuat pihak mereka beralih kepada tenaga kerja kontrak. Pihak Belanda kemudian menggandeng Inggris untuk mengirimkan warga India sejak 1870 ke Suriname (karena India merupakan daerah jajahan Inggris) lalu sekitar 20thn kemudian, Belanda mengirimkan warga Hindia Belanda dari Pulau Jawa. Warga Hindia Belanda sendiri saat itu menjadi kelompok terbesar ketiga setelah India lalu disusul warga Kreol.

Dari ribuan orang Jawa yang dikirim, ada yang sedikit ternyata yang berasal dari Bekasi. Jumlahnya hampir mencapai 100 orang. Mereka ada yang dari Distrik Bekasi, Distrik Cabangbungin/Distrik Cikarang, dan Distrik Cibarusah. Lebih spesifiknya lagi ada yang dari Desa Bekasi, Gabus, Soekapoera, Teloekpoetjoeng, Tanahdoearatoes, Rawabamboe, Tjikarang Tjiketing, Tjibogo, Djonggol, dan lainnya. Pemberangkatan dilakukan dari pelabuhan Tanjung Priok dgn rentang sejak 1897 hingga 1929. Sedangkan usia yang dikirim mulai dari usia 18thn hingga 33thn.

Dari jumlah warga Bekasi yang dikirim, tidak diketahui berapa orang yang menetap di Suriname dan berapa yang kembali. Atau berapa orang juga yang pindah ke negeri Belanda sebagaimana orang Indonesia yang di Suriname lainnya.

Sumber: Buku Sejarah Bekasi.
( rz.ajh )
×
Berita Terbaru Update